Berita terbaru Podomoro Park Bandung   Back to Articles

Apa Itu Sunroom? Berikut Beberapa Inspirasi Desainnya!

Sunroom adalah ruangan yang memaksimalkan cahaya alami matahari dan ternyata sunroom telah menjadi tren desain rumah saat ini. Bagi Anda yang ingin menambahkan sunroom di rumah, berikut adalah beberapa ide desain yang dapat dijadikan inspirasi.

Apa Itu Sunroom?

Sunroom adalah ruang semi indoor yang dirancang untuk memaksimalkan penerimaan sinar matahari dan menikmati pemandangan lanskap dari luar rumah. Ruangan ini menjadi spot yang sangat pas untuk bisa merasakan kehangatan dan kecerahan alami dari matahari, sambil tetap berada dalam kenyamanan rumah.

Ide Desain Sunroom untuk Rumah

Jendela Penuh yang Menghadap Pekarangan

Desain sunroom dengan jendela penuh sangat cocok untuk dibuat menghadap ke pekarangan. Posisi menghadap pekarangan memungkinkan Anda untuk menikmati pemandangan alam, seperti taman atau kolam renang, dari dalam rumah. Gunakan jendela berukuran besar pada ruangan ini untuk mendapatkan cahaya matahari yang cukup, sehingga dapat membuat ruangan terasa hangat dan cerah.

Sunroom untuk Ruangan yang Luas 

Desain kedua masih untuk living room, tetapi di ukuran yang lebih luas. Tidak hanya diperuntukkan bagi keluarga inti, tetapi juga untuk tamu dalam jumlah banyak. Sunroom akan membuat ruangan terasa hangat dan nyaman, apalagi dengan sofa empuk dan bean bag untuk menemukan sudut nyaman. Serta tidak lupa tanaman yang menghiasi ruangan supaya hawa sejuk tetap terasa.

Spot Bekerja Ala Kafe

Teruntuk rumah Anda yang memiliki space terpisah untuk bekerja, menggunakan sunroom adalah pilihan yang sangat tepat! Hal tersebut dikarenakan Anda bisa lebih fokus dan tidak mudah mengantuk, mengingat matahari langsung masuk menyinari bagian indoor. Hiasan seperti hammock, tanaman hias dan karpet membuat suasana kerja Anda seperti di kafe.

Sunroom untuk Ruang Makan 

Ruang makan termasuk ke dalam ruangan yang multifungsi. Selain untuk makan, tetapi juga bisa digunakan untuk bersantai. Kalau Anda menerapkan sunroom pada arsitektur interiornya, aktivitas-aktivitas tadi bisa terasa lebih nyaman.

Terdapat jendela besar yang mengelilingi setengah ruang makan. Sembari makan atau istirahat, Anda bisa menikmati pemandangan luar yang indah. Di bagian atas yang memiliki konsep skylight, cahaya akan langsung masuk ke dalam ruangan sehingga kehangatan bisa begitu terasa.

Sunroom dengan Skylight

Sunroom dengan skylight (atap kaca) sangat cocok digunakan untuk mereka yang memiliki rumah dengan ukuran yang terbatas. Skylight memungkinkan cahaya matahari masuk secara langsung dari atas, sehingga dapat memberikan pencahayaan yang merata dan hangat.

Hunian dengan desain berkonsep sunroom dapat Anda temukan di perumahan Garden Residence at Emeralda Golf. Proyek yang dikembangkan oleh ATERALAND GROUP ini

menawarkan ruang yang cukup luas, sangat cocok untuk mengimplementasikan berbagai desain sunroom yang menawan.

Lokasi Garden Residence at Emeralda Golf sendiri terbilang sangat strategis, perumahan ini berada dekat pintu tol Cimanggis, Depok. Keberadaan pintu tol ini tentunya dapat mempersingkat waktu tempuh perjalanan penghuni rumah menuju pusat kota Jakarta dengan waktu hanya 15 menit hingga 20 menit saja.

Rumah di Garden Residence at Emeralda Golf didesain dengan konsep "Beyond Living in Mother Nature," menghadirkan pemandangan lanskap hijau lapangan golf yang memukau. Tidak hanya itu, perumahan ini juga dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas mewah, seperti, Exclusive Club House yang dilengkapi dengan Swimming Pool, Single Gate Access with 24/7 Security, Gym, Jogging Track, Meditation RoomBarbeque AreaSerenity Garden dan fasilitas eksklusif lainnya. 

Garden Residence at Emeralda Golf menawarkan 5 tipe hunian yang berbeda, yaitu Tipe A, Tipe B, Tipe C, Tipe D, Tipe E. Tipe A memiliki luas mencapai 540 m2/625 m2, sedangkan Tipe B dibangun di atas lahan seluas 450 m2/537 m2. Kedua tipe ini menawarkan 5 Bedrooms with En-suite BathroomsFamily RoomDining RoomPowder RoomStudy AreaSpacious Walk-in Closet Master BathroomPrivate ElevatorSwimming Pool hingga pemandangan langsung ke lapangan golf khusus tipe A.

Sementara itu, Tipe C memiliki luas 300 m2/388 m2, dan Tipe D mencakup luas 216 m2/283 m2. Kedua tipe ini menawarkan 4 kamar tidur, Spacious Walk-in Closet & Master BathroomStudy AreaSpacious Balcony, dan yang membedakan antara kedua tipe rumah ini adalah pada tipe C terdapat Private Elevator dan Swimming Pool.

Garden Residence at Emeralda Golf baru saja meluncurkan tipe terbaru yaitu Tipe E. Dibangun diatas tanah seluas 162 meter persegi dengan luas bangunan 202 meter persegi, tentunya tipe ini merupakan hunian yang tepat untuk menikmati ketenangan dan momen menyenangkan bersama keluarga