Berita terbaru Podomoro Park Bandung   Back to Articles

Selain Penutup Marmer, Ini 4 Cara Merawat Lantai Marmer di Rumah

Sumber foto Unsplash

Banyak orang menggunakan marmer pada hunian sebagai lantai ataupun hiasan dekoratif. Pola dan warna marmer dapat memberikan tampilan mewah nan elegan pada hunian sehingga banyak orang yang memilih marmer digunakan untuk hunian mereka.  

Marmer (marble) atau sering disebut sebagai batu pualam merupakan jenis batuan alam hasil metamorf yang berasal dari kristalisasi batu kapur. Karena merupakan batuan alam, maka motif yang ada di marmer pun tidak sama antara satu sama lain.

Tekstur dan pola marmer yang tidak teratur serta persediaan alam yang terbatas menjadikan lantai marmer merupakan salah satu material berkualitas terbaik. Material marmer memiliki kesan dingin dan kuat. Perawatan lantai marmer memang perlu diperhatikan dengan baik, pasalnya lantai marmer memiliki pori-pori relatif besar. Marmer yang berpori-pori relatif besar membutuhkan perawatan ekstra.

Namun, kalau bicara soal keunggulan lantai marmer tentu ada beragam. Keunggulan marmer antara lain tahan lama karena terbentuk dari hasil metamorf yang panjang dan alami, maka marmer pun memiliki daya tahan lebih lama, lalu lantai marmer juga memiliki permukaannya halus dan memiliki coating atau penutup marmer, maka marmer dapat dibersihkan dengan cara yang tidak terlalu sulit meski memang harus diperhatikan perawatannya. Hanya dengan lap basah saja, kotoran bisa hilang.

Selain menggunakan penutup marmer, inilah tips merawat dan membersihkan lantai marmer agar awet!

Gunakan Baking Soda

Cara merawat dan membersihkan lantai marmer yang pertama, Anda akan membutuhkan baking soda atau soda kue. Caranya mudah. Anda hanya perlu menaburkan soda kue di atas noda yang membandel. Kemudian, diamkan selama 40 menit sampai 1 jam. Setelah itu, sikat lantai sampai noda membandel hilang.

Pakai Cairan Pembersih Khusus Marmer

Ada beragam jenis cairan pembersih khusus lantai marmer, seperti salah satu brand yang dapat Anda jumpai di supermarket adalah Mr Muscle Marmer untuk membersihkan lantai marmer dan granit. Cairan pembersih khusus lantai marmer ini dinilai aman karena tidak merusak tekstur maupun coating lantai marmer. 

Lap Marmer dengan Benar

Tekstur dan pola yang tidak teratur serta persediaan alam yang terbatas menjadikan material ini mahal. Material marmer memiliki kesan dingin dan kuat. Tips agar lantai marmer awet selanjutnya adalah membersihkan dengan lap secara lembut sesuai dengan pola marmer, pastikan lantai marmer bersih tanpa kotoran. 

Pastikan Kain Lap Bersih

Untuk membersihkan lantai marmer pastikan Anda menggunakan kain lap bersih. Pilih kain microfiber lembut agar tidak merusak permukaan lantai. Penggunaan spons tidak disarankan untuk lap lantai marmer karena permukaannya tajam, begitu pula dengan mesin penyedot debu karena dikhawatirkan selang menggores permukaan lantai. 

Isi Ulang dengan Air Dingin Bersih

Jika Anda sudah melakukan lap terhadap lantai marmer dan ingin memoles ulang agar semakin bersih, gunakan kembali sisa cairan pembersih. Namun, pastikan Anda melakukan isi ulang dengan air dingin bersih. 

Setelah mengetahui lebih dalam mengenai cara merawat lantai marmer di rumah, inilah saatnya memilih hunian yang tepat! Cara merawat lantai marmer ini cocok Anda aplikasikan di unit rumah Garden Residence at Emeralda Golf karena dibangun dengan bahan material berkualitas terbaik, salah satunya menggunakan lantai marmer. 

Menghadirkan spacious master bathroom, hunian dengan konsep beyond living in mother nature ini sangat tepat bagi Anda yang mendambakan kemewahan dan privasi di Selatan Jakarta.

Garden Residence at Emeralda Golf menawarkan 4 tipe rumah yang mana untuk tipe A dan B didesain oleh arsitek ternama yaitu Thomas Elliott yang masing-masing memiliki view golf, Hole 8 Lake pada Emeralda Golf Club. Keduanya memiliki fasilitas premium berupa kolam renang pribadi pada area belakang rumah dengan suguhan pemandangan padang golf yang merilekskan diri.

Menghadirkan 4 tipe rumah dimana pada tahap pertama, rumah yang dipasarkan adalah 2 tipe terbesar yaitu tipe A (540 m2/625 m2) dan tipe B (450 m2/537 m2) yang memiliki view golf. Soalharga, tipe A dibanderol mulai dari Rp 25 M dan tipe B mulai dari Rp 20 M.

Masing-masing unit rumah di tipe A dan B dilengkapi dengan 5 Bedrooms with En-suite Bathrooms, Family Room, Dining Room, Powder Room, Study Area, Spacious Walk-in Closet & Master BathroomPrivate ElevatorSwimming Pool dan yang membedakan antara kedua tipe tersebut adalah halaman belakang yang luas dengan pemandangan langsung ke Hole 8 Lake, Emeralda Golf Club

Sementara, pada Type C (300 m2/388 m2) dan Type D (216 m2/283 m2), unit rumah yang ditawarkan memiliki 4 BedroomsSpacious Walk-in Closet & Master Bathroom, Study Area, Spacious Balcony, dan yang membedakan antara kedua tipe rumah ini adalah pada Type C terdapat Private Elevator dan Swimming Pool. Semua unit rumah di Garden Residence at Emeralda Golf dilengkapi dengan sanitary berkualitas premium sehingga mengenai kualitas tidak perlu diragukan. 

Garden Residence at Emeralda Golf juga dilengkapi dengan fasilitas yang premium club house yang dilengkapi dengan swimming pool, single gate access with 24/7 security, gym, jogging track, meditation roombarbecue areaserenity garden dan beragam fasilitas menarik lainnya.